Pendidikan, BUMDesa, dan Aktivitas Desa

Pendidikan :

Sekolah dan Pendidikan adalah hal yang sangat penting untuk kehidupan setiap orang, mulai dari TK,SD,SMP,SMA/SMK, dan PERGURUAN TINGGI. Mungkin beberapa dari kita sudah melalui semua tingkat pendidikan tersebut, tapi apakah kita sudah merasa puas dengan apa yang kita lalui selama kita mengenyam pendidikan itu sendiri…? Mungkin ada beberapa dari kita yang sudah merasa cukup dan sudah puas atas apa yang telah kita capai selama bersekoah, tapi tak sedikit juga dari kita yang masih ingin lebih dan lebih dari apa yang pernah kita capai, contoh kecil saja saat kita lulus kuliah dan dapat gelar S1 mungkin akan ada beberapa orang yang akan langsung mencari kerja, tapi tak sedikit juga yang akan menyambung kuliah untuk dapat gelar lebih dari S1 untuk mendapat kerja yang lebih layak.

BUMDesa (Badan Usaha Milik Desa) :

Organisasi ekonomi perdesaaan menjadi sebagian penting sekaligus masih menjadi titik lemah dalam rangka mendukung penguatan ekonomi perdesaan. Oleh karenanya diperlukan upaya sistematis untuk mendorong organisasi ini agar mampu mengelola aset ekonomi strategis di desa sekaligus mengembangkan jaringan ekonomi demi meningkatkan daya saing ekonomi perdesaan. Dalam kontek demikian, BUMDes pada dasarnya merupakan bentuk konsolidasi atau penguatan terhadap lembaga-lembaga ekonomi desa.

Visi – Misi BUMDesa Mekar Sembodo :

Visi bumdes “mekar sembodo” bojongnangka adalah “mewujudkan masyarakat desa bojongnagka yang sejahtera melalui pengembangan dan pelayanan ekonomi kerakyatan“.

Misi BUMDes “MEKAR SEMBODO” Bojongnangka adalah:

  1. Menciptakan lapangan pekerjaaan
  2. Memberikan pelayanan yang maksimal
  3. Memberdayakan potensi masyarakat
  4. Membuka Pola Wirausaha masyarakat.
  5. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat

Motto BUMDes “Mekar Sembodo” Bojongnangka “BERDAYA GUNA  MENUJU MASYARAKAT SEJATERA“

Kegiatan-kegiatan di Desa :

PKK :

PKK adalah organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia. PKK sendiri terkenal akan “10 program pokok”-nya.

10 Program Pokok PKK pada hakekatnya merupakan kebutuhan dasar manusia, yaitu:

  1. Penghayatan dan Pengamalan Pancasila.
  2. Gotong Royong.
  3. Pangan
  4. Sandang
  5. Perumahan dan Tatalaksana Rumah Tangga.
  6. Pendidikan dan Ketrampilan.
  7. Kesehatan
  8. Pengembangan Kehidupan Berkoperasi.
  9. Kelestarian Lingkungan Hidup.
  10. Perencanaan Sehat.

PTSL :

PTSL adalah proses pendaftaran tanah untuk pertama kali, yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu. Melalui program ini, pemerintah memberikan jaminan kepastian hukum atau hak atas tanah yang dimiliki masyarakat.

Metode PTSL ini merupakan inovasi pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat: sandang, pangan, dan papan. Program tersebut dituangkan dalam Peraturan Menteri No 12 tahun 2017 tentang PTSL dan Instruksi Presiden No 2 tahun 2018.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*