Pembinaan dan Monitoring Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dari Kecamatan Pemalang Tahun 2022

Dalam kurun waktu bulan September tahun 2022, Camat Pemalang yang diwakili Kasi Tata Pemerintahan Kecamatan Pemalang Andi Susanto beserta tim monev PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) melakukan monitoring ke desa-desa di wilayah Kecamatan Pemalang guna mempercepat target pelunasan PBB Tahun 2022. Tidak terkecuali Pemerintah Desa Bojongnangka juga dimonitoring tim mobev pada tanggal 21 September 2022.

Dalam sambutannya Andi Susanto menyampaikan, bahwa sesuai target dari Kabupaten Pemalang PBB harus sudah lunas di akhir bulan September 2022 sesuai jatuh tempo. Desa Bojongnangka sesuai catatan dari Bapenda Kabupaten Pemalang bahwa capaian PBB baru 50%, sehingga kedepan harus segera dilakukan percepatan dalam penarikan PBB oleh masing-masing petugas pemungut PBB. Beliau juga menyampaikan bahwa pencairan bagi hasil pajak tahun 2022 dibagi menjadi 2 (dua) termin yaitu 60% pada termin 1 dengan syarat sudah memenuhi target minimal 50% dan pada termin 2 sebesar 40% dengan syarat minimal sudah setor PBB 75%.

Sesuai yang tercantum pada SPPT bahwa jatuh tempo pembayaran PBB adalah tanggal 31 September 2022, apakah ada dispensasi untuk pembayaran PBB sampai bulan Desember 2022? Karena pada tahun 2021 saja ada dispensasi pembayaran PBB sampai bulan Desember 2021 karena adanya pandemi Covid-19. Ujar Nur Alim Sekretaris Desa Bojongnangka.

Tim Monev dari Kecamatan Pemalang berharap petugas pemungut mengusahakan semaksimal mungkin agar pembayaran PBB sesuai dengan jatuh tempo yang telah ditetapkan, yaitu tanggal 31 September 2022.

Supardi Kepala Dusun V juga menyampaikan, masih banyak ditemukan SPPT yang tidak dikenal dan ada juga yang double, mohon agar tim dapat menindaklanjuti ke Bapenda Kabupaten Pemalang agar hal tersebut bisa diselesaikan, karena tiap tahun kami mengajukan yang double dan bermasalah tersebut namun sampai saat ini SPPT tersebut masih muncul kembali.

Pertanyaan dari Supardi inipun mendapat tanggapan dari tim monev agar segera dibuatkan laporan, nanti dari Tim Kecamatan Pemalang yang akan membantu semaksimal mungkin agar permasalahan tersebut bisa diselesaikan dan tuntas.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*