Kunjungan Pemdes Se-Kec.Bancak Kab Semarang Di Bumdesa Mekar Sembodo Desa Bojongnangka Kec.Pemalang

Sabtu 16 Nopember 2019. Rombongan Kepala Desa dan Perangkat Desa Se Kecamatan Bancak Kab.Semarang study banding ke Pemdes dan Bumdes Mekar Sembodo Desa Bojongnangka Kec Pemalang.Rombongan dipimpin langsung oleh Camat Bancak Bp.Febru Suryanto.S.sos. M.Si. Rombongan diterima oleh Kepala Desa Bojongnangka WAHMU.SEĀ  Camat Pemalang SUHIRMAN.S.Sos M.Si dan Direktur Bumdes EMILIO RIWANANTO. Amd.Kom.

Dalam kata sambutanya Camat Bancak Semarang bahwa tujuan dari Kepala Desa dan Perangkat Desa se Kec.Bancak dalam rangka study banding tentang Bumdesa yg kebetulan di Kecamatan Pemalang hampir sama letak geografisnya, sedangkan yg menjadi tujuan ingin melihat secara detail Bumdes di Desa Bojongnangka yaitu dari pembentukan sampai modal yg diberikan ke Bumdes dari Dana Desa. Kebetulan di Kecamatan Bancak belum semua membentuk Bumdesa, ada yg sdh dibentuk tapi masih belum jalan sehingga harapannya data2 dan motivasi yg diberikan oleh Kepala Desa Bojongnangka akan kami bawa ke Kecanatan Bancak demikian Camat Bancak dalam kata sambutannya.

Kepala Desa Bojongnangka Wahmu SE dalam menerima kunjungan dari Kades dan Perangkat Desa se Kec. Bancak nenyampaikan terima kasih atas kepercayaan ke Desa kami khususnya Bumdesa Mekar Sembodo. Bahwa untuk membentuk Bumdesa tentunya harus sesuai aturan dimulai dari musdes sampai dg pemilihan pengelola Bumdesa dan Pembuatan Perdes tentang Bumdesa termasuk yg dibuat oleh Bumdesa adalah AD/ART. Namun demikian kata Wahmu bahwa membentuk Bumdesa mudah yang sulit adalah bagaimana agar Bumdesa ini bisa berjalan dan berkembang dg baik mengingat keterbatasan SDM dan permodalan, untuk mengembangkan Bumdesa harus dilakukan kerja ekstra dan harus mempunyai program kerja yang jelas. SUHIRMAN.S.Sos.M.Si dalam kata sambutanya bahwa untuk Bumdesa di Kecamatan Pemalang sudah terbentuk semua namun baru dua (2 ) desa yang telah melaksanakan dan mempunyai usaha yaitu Bumdesa Surajaya dengan Wippasnya yaitu obyek wisata religi dan Bumdesa Mekar Sembodo Desa Bojongnangka dengan usaha Desa Mart, PPOB, dan Simpan Pinjam. Perkembangan Bumdesa Mekar Sembodo Bojongnangka Alhamdulillan sudah ada peningkatan dan pada tahun 2019 ini sudah memberikan Pendapatan Asli Desa ( PAD ) dari SHU tahun 2018 sebesar Rp.3.800.000,- mudah-mudahan pada akhir tahun 2019 SHU Bumdesa Mekar Sembodo bisa meningkat lagi dan bisa memberikan PAD lebih besar demikian disampaikan Direktur Bumdesa Mekar Sembodo EMILIO RIWANANTO.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*